Pengalaman Tes BINA BNI 2017

Halo, akhirnya saya balik lagi setelah setahun, dengan cerita yang hampir sama dengan post sebelumnya, yaitu pengalaman lamar kerja sebagai teller, atau asisten keuangan di Bank Negara Indonesia.

Jadi singkat cerita, tes magang bakti BCA saya ditolak, tapi dengan semangat membara (karena kesel juga), saya coba lamar kerja lagi. Waktu itu lagi coba urus SKCK dan ketemu mbak-mbak yang lagi menunggu antrian. Sambil ngobrol, kita sharing tentang lowongan kerja dan bertukar nomor telepon. Sebut saja mbak Iyem.

Besoknya yaitu hari Jumat malem, mbak Iyem kontak saya, dan bilang ada lowongan kerja di BNI. Spontan saya langsung cek screenshot yang dia kasih. Wihhhh.... hampir sama modelnya kayak BCA, dengan modal lulusan SMA, kita bisa melamar kerja sebagai Teller. Tapi.... detail acara walk-in interviewnya hari Sabtu pagi jam 08.00 WIB, dan syaratnya harus punya foto setengah badan dan full body, menghadap samping. Sedangkan tau informasi nya udah malam, studio foto pun udah tutup. Belum sempat ngeprint CV dan Resume pula, huft. Keesokan harinya saya langsung bangun pagi dan siap-siap, kebetulan walk-in nya di BNI Wilayah Jakarta Kemayoran (WJY) depan stasiun Jakarta Kota. Walk-in mulai dari jam 08.00 WIB, tapi saya belum sempat menyiapkan semua dokumen, akhirnya saya sampai ke Kantor BNI WJY jam 15.00 WIB, karena rumah saya juga jauh di Bogor.

Waktu sampai ke kantor BNI WJY, buseeeeeet. Kaget lho beneran, yang ngantri untuk walk-in interview panjang banget, dari lantai 2 dalam ruangan sampai ke luar gedung. saya juga ngantri paling ujung belakang. Ternyata ada seribuan orang yang ngantri ikut walkin. Modelnya kayak lagi nunggu open gate nonton konser, hahaha.... Sampai ada yang jualan kue dan minuman keliling. Saya cuma bisa sabar ngantri.

Harusnya kita pelamar, mau interview tampil cantik/tampan rapi bersih, tapi karena nunggu antriannya lama dan panas-panasan, ada yang sampai keringetan, bahkan rambutnya acak-acakan. Nggak sedikit juga mbak-mbak cantik seksi yang dateng pakai heels lho. Wah, nggak kuat lagi deh..

Menunggu sampai jam 5 sore, ada pengumuman bahwa walk-in ditutup karena sudah sore. Bagi yang belum interview, silahkan titip CV di meja yang disediakan, termasuk mengukur tinggi. Waktu saya lamar kerja, minimal tinggi untuk wanita 155 cm dan pria 160 cm, tapi sekarang sudah berubah. Ukuran minimal tinggi wanita 160 cm dan pria 165 cm. Sebelum taruh CV, kita harus ukur tinggi dulu. Waktu pengalaman saya, alat ukur tinggi nya cuma ada satu yang kayak di rumah sakit gitu, sedangkan yang ngantri banyak. Jadi alternatifnya, ada alat ukur lagi dari dari lakban. Tidak sesuai dengan ukuran cm yang seharusnya. Tapi, ternyata saya lolos. Diinformasikan walk-in interview akan berlanjut hari Selasa, bagi yang mendapatkan SMS dari BNI.

Sampai hari Senin pun, saya tidak dapat SMS dari BNI. Wah, saya kecewa dan kesal. Apa dengan modal nekat, datang lagi ke kantor BNI WJY ya? Tapi malas ah. Pasrah.

Beberapa hari kemudian, saya mendapatkan SMS dari BNI, walk-in interview sebagai Merchant Business Relation. Wah, apa tuh? Saya juga nggak tau. Akhirnya saya datang di BNI KCP Matraman. Singkat cerita ternyata HRD BNI mungkin salah info, seharusnya minimal lulusan D3, sedangkan saya cuma lulusan SMA. Di akhir interview, saya tanya ke interviewer nya, apakah lowongan BINA BNI WJY masih bisa? Beliau jawab tidak. Yah yasudah pasrah..

Tapi, saat saya sedang dalam perjalanan kembali ke rumah, ada yang nelpon. Siapa? Ternyata HRD yang tadi interview saya, menyatakan bahwa saya lolos interview BINA BNI WJY tahap pertama, dan lanjut ke tahap kedua, yaitu initial interview.

Initial interview pengalaman saya, hanya ada 2 orang. Langsung datang ke kantor BNI WJY, gugup, takut, campur aduk deh. Datanglah seorang wanita, intinya initial interview ditanya-tanya soal pribadi. Lulusan mana, pengalaman kerja di mana, hobby nya dsb. Dan pertanyaan terakhir adalah "Kamu kalau ditempatkan di karawang bisa?" Langsung saya jawab "BISA!" Bukan dari omongan aja lho ya, harus jujur juga. Akhirnya saya pulang ke rumah.

Dua minggu kemudian saya dapat SMS untuk psikotest. Berhubung ada 300 pelamar, saya dapat kloter psikotes kedua, sore sampai malam. Lokasinya di BNI KCU Kramat. Pengumuman yang lolos juga di hari yang sama. Soal psikotes terdiri dari matematika, logika, pengetahuan umum, PAPI, koran, sampai gambar-gambar gitu.

Soal matematika nya lumayan susah, soal isian bukan pilihan ganda. Waktunya hanya 20 menit, jadi saya kerjain aja soal matematika yang menurut saya masih bisa dipikir dan ngerti, longkap longkap gitu. Kalau soal pengetahuan umum, saya asal isi aja, pilihan ganda sih hehehe. Tes koran, kertasnya gede banget, dan pusing ngeliat angka. Waktu saya ngerjain tes koran, saya sesekali nengok ka kanan saya. Widih, ngerjainnya cepet bener, saya udah pesimis aja. Yah gitu, kalau urusan matematika dan angka lola deh ha ha ha. Sampai 8+2 aja mikir dulu beberapa detik jawabannya berapa sangking banyaknya.

Akhirnya, psikotest selesai. Ketemu pelamar lainnya, akhirnya kenalan dan ngobrol, terus makan malam bareng di pinggir jalan, karena otak habis terpakai untuk psikotest jadi lapar. Setelah selesai, lihat pengumuman yang lolos, dan............. saya lolos ke tahap selanjutnya, yaitu interview psikolog

Interview psikolog ditanya juga tentang diri kita based on hasil psikotes. Untungnya saya dapat interviewer yang baik. Pengumuman satu minggu setelah itu dannn saya lolos.

Lanjut ke tahap interview asesor, dan ternyata tahap interview asesor, yang interview dari cabang BNI WJY sendiri. Di akhir interview beliau bilang, "Ya udah, kamu di kelapa gading aja ya penempatannya, abisnya muka chinese sih." hahaha.... Saya mah iya iya aja. Ternyata saya lolos lagi ke tahap akhir, medical test.

Medical test di kantor BNI 46 Sudirman. Tips buat kalian, puasa H-1 jam 6 sore yaa, tapi boleh minum air putih. Hari H pagi sebelum berangkat, diusahakan kalian udah minum air putih dan buang air kecil di rumah, karena air seni pertama kali keluar di pagi hari itu banyak racun nya. Medical test ada cek mata, bawa kacamata ya!! Terus ada cek usg, cek ambeien, air seni, ambil darah dua kali saat puasa dan sesudah buka puasa. Tenang, dikasih makanan kook.

Dan akhirnya, saya diterima dan officially part of BINA BNI WJY BATCH 6. Totalnya yang diterima ada 99 orang, terbagi menjadi 3 batch. Batch 5,6 dan 7. Kemudian ada training di satu hotel di Sarinah, OJT 1 hari, dan acara graduation day. Wohooo, senang bukan main. Berat jadi nambah deh, efek dua minggu training di hotel makan enak terus hehehe. Terus ada juga training di BNI 46 Sudirman, praktek gitu deeh, sampai simulasi standar layanan juga ada.

Akhirnya surat penempatan keluar, saya ditempatkan di BNI Cabang Kelapa Gading. Waktu training masih pakai baju hitam putih, hihi..

Itulah singkat cerita pengalaman saya melamar pekerjaan sebagai teller. Bagi kalian yang ingin melamar pekerjaan sebagai teller, bisa titip dokumen di KCU setempat.

Dokumen interview BINA BNI berupa:
1. Curriculum Vitae (CV)
2. Resume / Surat Lamaran
3. SKCK (wajib)
4. Fotokopi legalisir ijazah
5. Pass foto 3x4
6. Fotokopi KTP
7. Fotokopi legalisir raport/transkrip
8. Fotokopi penghargaan (optional)

Proses seleksi:
1. Interview
2. Initial Interview
3. Psikotes
4. Interview Psikolog
5. Interview Asesor
6. Medical check up
7. Training
8. On Job Training (OJT)
9. Buka counter teller sendiri

Tapi, ternyata bekerja sebagai teller tidak seindah yang dibayangkan lho! Datang ke outlet yang ditempatkan sebelum jam 7 pagi, merias wajah dengan standar BNI, morning briefing, dan buka counter.

Bagian tersulit adalah ketika nominal uang kas di laci harus equal dengan di sistem. Apabila selisih kurang, saya harus nombok. Dan benar terjadi! Selisih 5 juta cyinnnn dan harus nombok hari itu juga. Fiuhhhhh. Selisih kas, belum lagi ketemu dengan nasabah yang nggak sabar.

Tapi balik lagi ke kalian, jika memang tertarik dengan dunia perbankan, silahkan daftar, hitung-hitung untuk pengalaman kalian dan nambah uang saku.

Oh ya, sebagai BINA BNI harus berstatus lajang dan tidak boleh menikah selama masa kerja. Dinote ya guys!

Sekian yaa cerita saya kali ini, jika ada pertanyaan bisa langsung comment dibawah yaa. Good luck!

Komentar

  1. Kalau Ambeyen ngak keterima ya kak?

    BalasHapus
  2. Gan status bina BNI bisa gak diangkat jd karyawan?
    Kalo bisa syaratnya harus gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. bina = magang

      kalau perform bagus bisa di angkat PKWT dan biasanya lulusan S1 ...

      Hapus
  3. Kalo magang pulang kerjanya jam berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jamnya sama 7.30-17.00 klu transaksi tidak banyak bisa pulang ontime tpi kalau stasaksi banyak (awal bulan, Senin & Jumat) biasanya lembur dan ini ada uang lebur untuk Bina ....

      Hapus
  4. Boleh minta wa atau line ny gan? Mau nanya

    BalasHapus
  5. Kak saya lulusan sma apa bisa mencoba ikut program bina magang bni? Kebanyakan yang ketrima kayanya sarjana, minder:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab. Bina BNI, Kriya Mandiri, Bakti BCA itu bisa untuk lulusan SMA.

      Hapus
  6. Ka kalau kita pernah program sekola pkl dibank gitu masih bisa ikutan bina bni ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di coba ... justru yang punya pengalaman itu lebih baik

      Hapus
  7. Ka untuk pengumuman lolos ke tahap psikotest kan waktu itu setelah FGD di umumkan 3 minggu tapi ada temen yang seminggu kemudian di sms lolos ke tahap psikotest apa yg dapet sms itu ga lolos ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksdnya yg ga dapet sms itu ga lolos?

      Hapus
    2. kak mau nanya dong saya mau ikut bina bni tapi pas masu upload foto udh sesuai kriteria tdk lebih 20kb dan 110x150 pixel kok tetap tidak bisa upload fotonya ya kak, mohon bantuannya kak

      Hapus
  8. Kak, interview asesor ditanya apa aja?

    BalasHapus
  9. kak mau tanya, untuk bina BNI waktu magangnya sampai berapa lama ya? terimakasih

    BalasHapus
  10. Ka aku ada sms panggilan di BNI itu bner gak yah

    BalasHapus
  11. Saya hanya coba2 daftar online, ke panggi , trus di ukur tinggi berat bada , dan diskusi kelompok,, kan syarat harus di legalisir raport, nah raport saya hilang, dan sekolah saya di padang kan saya bina bni nya di bandung itu gimana apakah saya akan di diskualificasi, dan soal cek darah sampai 2 kali gtu rasanya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ka mau nnya pas pertama kali tes itu diskusi kelompok gmna ya? memecahkan masalah kah?

      Hapus
  12. Ka mau tanya donk saya kan ikut tes bina bni dan lolos tes pertama initial interviuw dan ikut tes selanjutnya katanya tes ujian onlian disuruh siapin leptob sendiri kira2 itu bahan tesnya apa yaaa ka ??
    Apa itu mau tes pengetahuan umum yaaa ka atau apa yaaa soalnya bingung mau belajar apa

    BalasHapus
  13. Gimana caranya mo ikut daftar bina bni n kriya mandiri?

    BalasHapus
  14. Kesehatan gigi apa juga di lihat?

    BalasHapus
  15. Ka hanya Untuk bagian teller aja ya ka? Bagian Customer servis ada gk ka?

    BalasHapus
  16. Ka mau tnya, wktu itu emg tinggi nya brp?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KULIAH GRATIS DI LUAR NEGERI?! KUPAS TUNTAS CHINESE GOVERNMENT SCHOLARSHIP (CGS)!

Pengalaman Tes Magang Bakti BCA 2017