Pengalaman Tes Magang Bakti BCA 2017

Halo, reader. Ini posting pertamaku, dan mau berbagi cerita tentang tes magang Bakti BCA 2017.
First of all, aku hanya lulusan SLTA dan menganggur, dan sedang dalam proses pencarian kerja supaya dapat pengalaman dalam hidup, dan nambahin experience di CV ku nanti. Kenapa milih BCA? Yaaah, seperti yang kalian tau, BCA adalah salah satu Bank Swasta di Indonesia yang terkenal, dan memang mengadakan program beasiswa bagi anak muda yang minimal lulusan SMA.
So, aku akan cerita sedikit tentang pengalamanku.

Jadi, program Magang Bakti BCA ini hanya untuk yang berumur 17-24 tahun, dan minimal lulusan SMA. Kemudian, jika sedang kuliah atau kerja, tolong ambil cuti kuliah atau ambil kuliah di weekend. Itu jalan alternatifnya untuk yang berstatus mahasiswa. Harus di notes ya.

1. Buka website BCA. Kemudian klik "selengkapnya" untuk penjelasan mengenai Magang Bakti, dan "daftar" untuk daftar online di kotak berwarna merah.



2. Kemudian isi data diri anda.


3. Setelah selesai mengisi semua data diri, upload passfoto anda dengan ukuran maksimal 300kb. Jika ukuran foto anda lebih dari batas, anda bisa compress foto anda atau mengatur ulang ukuran foto online di compressimage.toolur.com agar sizenya tidak melebihi 300kb. Dan terakhir, klik "apply".


Nah, jika data diri anda sudah lengkap dan apply, pastikan alamat email anda aktif dan selalu update email setiap harinya, mana tau langsung dapat kabar dari BCA. Tapi, saya sempat ngobrol dengan beberapa orang yang apply di BCA, waktu pemanggilannya relatif. Ada yang menunggu hampir sebulan, sebulan lewat satu hari dll. Saya sendiri apply pada hari Minggu, 10 September 2017 pukul 04 dini hari dan dapat kabar email untuk mengikuti Psikotes esok harinya yang tergolong sangat cepat.



Nah, jujur ketika dapat kabar email untuk mengikuti psikotes, saya sangat senang. Akhirnya saya baca-baca pengalaman tes Magang Bakti BCA. Itu sangat membantu sekali. Jadi, sistem tes Magang Bakti BCA itu hanya sehari dan menggunakan sistem gugur. Ada beberapa tahapan, yaitu interview, psikotes 1, psikotes 2, interview usher. Dan terakhir, tes kesehatan. Lanjut ke pengalaman, akhirnya saya beli buku kumpulan soal psikotes karena dari beberapa sumber yang saya baca, psikotes Magang Bakti BCA sangat susah. Hanya punya waktu seminggu untuk belajar, ditambah kegiatan yang padat, saya belajar ngebut hehehe. 

Nah, saya iseng buka website BCA Karir lagi dan melihan partisipan psikotes Magang Bakti tanggan 18 September 2017, berjumlah 215 orang. Waaaah, saingannya berat ya. Ditambah, tanggal 19,20 September 2017 pun masih ada psikotes lagi. Tapi, jangan patah semangat ya.

H-1 aku mempersiapkan segala sesuatunya, seperti CV, Cover Letter, Pass foto 4x6, fotokopi KTP, fotokopi rapor, dll. Pada hari H, bangun jam 3 pagi karena rumah saya di CIbubur, terkenal dengan macetnya, apalagi hari Senin. Pakaian yang aku gunakan yaitu kemeja putih, blazer hitam, celana bahan hitam, dan heels hitam. Berangkat jam 5 pagi menggunakan transjakarta menuju gedung JDC di Slipi. Ketika sampai di tujuan, lhoo banyak yang nunggu diluar gedung, dipikir belum buka. Aku ikutan duduk di depan gedung dan kenalan dengan teman seperjuangan hehehe. Namun, ternyata gedungnya sudah buka. Jadi jika kalian mendapat venue psikotes di JDC, langsung naik aja ya ke lantai 6. Sudah disiapkan kursi untuk menunggu, dan kalau bisa duduk yang dekat dengan ruanan tesnya ya.

Setelah menunggu, kira-kira pukul 07.30 WIB tim HRD BCA keluar dari ruang Lotus, dan mengatakan untuk cek nomor absen sesuai abjad nama dan harus dihafal. Kemudian kita diminta masuk ke ruangan Lotus, tanda tangan absen dan duduk untuk mendengarkan briefing dari tim HRD.
Setelah selesai mendengarkan briefing, kita diminta untuk keluar dari ruangan dan menunggu untuk panggilan interview. Totalnya, ada 6 orang HRD diruang tersebut, jadi proses interviewnya cepat selesai. Ingat ya, hafalkan nomor absen kalian karena pemanggilan interview hanya menggunakan nomor absen, bukan nama kalian. Dan, panggilan nomor absen interview tersebut secara acak.

Ketika nomor absen aku disebut, langsung diminta masuk ke ruangan dan duduk sambil menunggu panggilan lagi di dalam oleh HRD nya. Sebelumnya, siapkan KTP asli kalian ya, karena ternyata ketika proses interview berlangsung, CV, Cover Letter, SKCK dll tidak dibutuhkan, yang dilihat hanya dari KTP asli. Pertanyaan interviewnya hampir sama disemua HRD, seperti cerita tentang diri anda, motivasi anda, kegiatan anda, kelemahan anda. kelebihan anda, bagaimana menghadapi kelemahan anda, prestasi yang dicapai, dll. Kurang lebih seperti itu. Dan jeeeeng, diakhir prises interivew, HRD nya mengatakan "Mohon maaf ya Michelle, kamu belumm bisa lolos interview. tapi, jangan patah semangat ya, kamu bisa ikut 2 tahun lagi." JLEBBBB, Rasanya sedih dehhh. Jujur, aku sudah siap untuk interview, tapi ketika proses interview berlangsung apalagi masih ada permen dimulut saya, seektika jantung berdegup kencang dan bibir saya gemetar. Padahal, aku dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang secara langsung. Tapi kok, tumben sekali grogi seperti itu.

Akhirnya, aku keluar dari ruang Lotus dan pulang kerumah dengan kecewa, sedih, campur aduk. Baru pertama kali aku sedihnya bukan main karena tidak lolos. Masalahnya adalah, aku baru bisa daftar Magang Bakti BCA 2 tahun dari sekarang. Aku kaget juga, padahal di website tertera dapat kembali apply Magang Bakti 1 tahun sekali.

Nah, jika kalian lolos, tes berikutnya yaitu psikotes seperti sinonim-antonim, angka, gambar, bangun ruang, tes sifat pribadi, menggambar pohon, menggambar rumah, menggambar rumah dan pohon, wartegg, dan tes koran. Silahkan browsing ya untuk lebih jelasnya.

Terakhir, tips dariku, tidak usah berpakaian yang berlebihan, yang penting rapih dan berlengan panjang, siapkan segala sesuatunya agar kalian siap, terlebih untuk interview. Aku baca pengalaman orang lain, dari total awal parrisipan ratusan orang, yang lolos tahap akhir hanya 10 orang. So, siapkan mental kalian dan tetap semangat ya. Cuss setelah membaca postingan ini, silahkan kalian langsung apply lamaran Magang Bakti BCA, semoga beruntung~

Komentar

  1. Diukur tinggi badan nggak Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak diukur, tapi pas interview 1 kalau udah terlihat (maaf) kurang standar biasanya ga lolos

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Ka mau tanya, kaka kn lulusan SLTA terus di cv nya apa aja pengalamannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman di sekolah, sertifikat, pengalaman freelance

      Hapus
  4. Mungkin karna kamu makan permen.. Jd keliatan ga serius

    BalasHapus
  5. Kak kalo sepatu nya boleh item putih ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak boleh, harus hak pantofel hitam

      Hapus
  6. Aku mau nanya, untuk nilai rata-rata raport semester 5 & 6 itu dihitung per semester atau masing-masing? Makasih yah 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bner itu juga yng ingin saya tanyakan tolong informasinya dong

      Hapus
    2. dihitung masing-masing semester

      Hapus
  7. Kalo upload fotonya gk bisa2 itu gimana ya kak

    BalasHapus
  8. Kalau foto ktp nya pakai jilbab boleh? Soalnya kata temanku kalau foto berjilbab sulit lamar di bank

    BalasHapus
  9. Pas psikotes pake baju apa ya? Hitam putih kah?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes BINA BNI 2017

KULIAH GRATIS DI LUAR NEGERI?! KUPAS TUNTAS CHINESE GOVERNMENT SCHOLARSHIP (CGS)!